Keberhasilan Daryono Yang (Masih) Berlanjut

Ditinggalnya Persija Jakarta oleh Andritany Ardhiyasa dan Gunawan Dwi Cahyo yang mengikuti pemusatan latihan bersama Tim Nasional Indonesia untuk persiapan piala AFF 2016 cukup membuat rasa khawatir muncul apalagi bagi suporter The Jakmania. Terutama munculnya rasa kekhawatiran siapa yang akan mampu menggantikan si Bagol (panggilan Andritany) untuk mengawal gawang Persija Jakarta disaat Andritany harus bersama tim Nasional.

Kekhawatiran itu dijawab oleh pelatih Persija Jakarta yakni Muhammad Zein Al-Haddad (Mamak) dengan melakukan persaingan menguji kualitas kiper cadangan yakni menurunkan Reky Rahayu dan juga Daryono selama Andritany bertugas membela tim Nasional. Reky Rahayu mendapat kesempatan bermain saat Persija Jakarta menghadapi Barito Putera dan Sriwijaya FC, penampilan Reky bisa dibilang cukup baik. Bahkan dalam 2 pertandingan tersebut, Reky mencatatkan penyelamatan sebanyak 11 kali dengan kemasukan 4 gol dalam 2 pertandingan yang ia lakoni.

Bagaimana dengan Daryono? Awalnya, banyak yang meragukan kualitas Daryono dalam menjaga gawang Persija Jakarta. Maklum, jika ditanya kapan terakhir kali Daryono ikut bertanding dalam kompetisi resmi bersama Persija bisa dibilang mungkin itu 3 tahun yang lalu dan sisanya ia hanya menghabiskan waktu berada di bangku cadangan.

Selain jarangnya ia diberi kesempatan bermain karna harus bersaing ketat saat ini. Nama Daryono juga hanya tercantum sebagai deretan kiper ke-4 Persija tahun ini setelah Andritany, Reky dan Rizky Darmawan sehingga namanya juga tak terlalu familiar pula untuk terdengar di kuping para pendukung Persija Jakarta walaupun ia telah berada di Persija senior sejak tahun 2013.

Diturunkannya Daryono dengan perdananya ia tampil di ajang turnamen Torabika Soccer Championship 2016 bersama Persija Jakarta saat melawan Pusamania Borneo FC membawa kesan tersendiri bagi yang melihat penampilannya di bawah mistar gawang. Menurut catatan statistik yang dihimpun oleh tim Statistik Sepakbola Jakarta sewaktu melawan PBFC. Daryono menciptakan penyelamatan sebanyak 6 kali dengan 2 kali kemasukan gol pada pertandingan itu.

Meskipun pada penampilan pertamanya saja sudah kemasukan 2 gol. Tapi, Daryono tetap menjadi pilihan ketimbang Reky karna dianggap oleh pelatih Mamak lebih siap. 2 laga penampilan berikutnya berlanjut, Daryono menjadi pilihan utama melawan Persib Bandung dan juga Persiba Balikpapan. Jika kembali melihat angka statistik sebagai pematok rapot penampilannya melawan Persib dan Persiba juga bisa dibilang cukup memuaskan.

Melawan Persib Bandung, Daryono memberikan pengawalan pada gawang Persija dengan terciptanya 4 kali penyelamatan dan melawan Persiba setadi malam. Ia berhasil mencatatkan 2 kali penyelamatan. Total, jika dijumlahkan dalam 3 pertandingan beruntun. Daryono telah mengemas 12 kali penyelamatan untuk tim Ibukota. Jika yang terjadi saat ini, Daryono melakukan cleansheet (tidak kebobolan) pada 2 pertandingan terakhir yang ia mainkan melawan Persib dan Persiba.

Rasanya The Jakmania tak perlu terlalu khawatir atas sepeninggalan Andritany Ardhiyasa ketika ia harus absen bermain untuk Persija Jakarta selama piala AFF 2016. Mengapa? Selain Persija Jakarta diisi oleh pertahanan yang kokoh, kini Persija Jakarta juga mempunyai kiper cadangan yang cukup berkualitas. Semisal Daryono yang saat ini telah membuat sebagian dari kita terkagum dengan penyelamatannya yang tak kalah berkelas selama 280 menit ia menjaga gawang Persija Jakarta.

Print Friendly, PDF & Email
Share post :
78 views

Leave a Reply