Hal-hal Baik

Piala Presiden 2017 telah memasuki babak 8 besar. Tim kebanggaan kita, Persija Jakarta sudah dipastikan tidak ikut ambil bagian pada babak 8 besar karena finish di peringkat 3 pada fase grup, di bawah Arema FC, Bhayangkara FC, dan PS TNI. Pada grup ini Persija hanya berhasil meraih 1 kemenangan dan 1 kali imbang, dan sisa nya kalah. Serta hanya mencetak 2 gol dan 1 kebobolan.
Kekecewaan pun merebak pada setiap elemen the jakmania, karena tim kebanggaan nya lagi-lagi tak bisa berbuat banyak pada turnamen yang diikuti nya. Sebagian besar, mengatakan bahwa hasil ini adalah hasil yang buruk.

Lain hal nya dengan kami di sepakbola Jakarta. Kami memang kecewa karena tim kebanggaan kita lagi-lagi tak berdaya dalam sebuah turnamen, tapi kami menemukan hal-hal baik yang terjadi setelah Persija tidak lolos ke babak selanjut nya pada Piala Presiden 2017.

Hal baik pertama setelah Persija pulang lebih cepat dari Piala Presiden adalah bisa mengatur jadwal pra-musim sendiri, tak perlu bergantung pada panitia turnamen, karena pada dasar nya kebutuhan dalam pra-musim setiap klub itu berbeda-beda. Jadi Persija bisa memilih lawan sendiri sesuai dengan kebutuhan dalam metode pelatihan coach Teco.

Selain itu, klub juga bisa mendapat keuntungan lebih jika menyelenggarakan laga pra musim sendiri dengan mengadakan tur ke daerah-daerah di luar Jakarta yang terdapat banyak jakmania outsider, dengan menggelar laga pramusim sendiri, pemasukan dari sector tiket bisa masuk ke manajemen sepenuh nya, berbeda hal nya jika tetap mengikuti piala presiden, pemasukan dari tiket masuk ke panitia penyelenggara. Selain mendapat keuntungan finansial, Persija juga bisa mengobati kerinduan para jakmania outsider dengan mengunjungi kota mereka, karena cinta jakmania outsider kepada Persija tak kalah besar dengan Jakmania yang berada di Jakarta.

Dengan mengatur jadwal pramusim sendiri, berarti Persija tak terikat dengan jadwal pengelola kompetisi, itu berarti Persija bebas memilih kapan waktu untuk beruji coba dan latihan. Ini sangat berguna bagi tim dengan pelatih baru yang sedang membangun kekuatan. Dengan begitu Persija bisa menyeleksi Pemain lebih banyak lagi, dan kemungkinan untuk mendapatkan pemain dengan kriteria yang diinginkan pelatih bisa lebih besar lagi.

Bersamaan dengan proses seleksi pemain, Persija juga bisa mematangkan strategi Permainan. Karena sudah tradisi, jika Persija gagal dalam sebuah kompetisi, alasan nya adalah kurang waktu persiapan. Dengan gagal nya Persija melaju ke babak 8 besar turnamen kepala negara, waktu persiapan menuju liga menjadi lebih panjang. Apalagi berhembus kabar bahwa liga kemungkinan akan dimundurkan jadwal sepak mula perdana nya.

Rasa iri memang ada jika melihat 8 klub lain yang meneruskan kiprah nya di piala presiden 2017, tetapi selalu ada 2 sisi dalam setiap hal. Sisi baik dan buruk nya. Sisi baik nya sudah kami jabarkan di atas, sisi buruk nya bisa berbeda dalam setiap pandangan orang-orang.

Print Friendly, PDF & Email
Share post :
20 views

Leave a Reply