Benarkah Soon Hak Hengkang karena Regulasi Pembatasan Usia?

sepakbolajakarta.com – Ramai perbincangan tentang kepergian Soon Hak dari tim Persija Jakarta, suporter Persija mengucapkan salam perpisahan untuk pria asal Korea Selatan ini di sosial media. Banyak spekulasi muncul saat Soon Hak pergi, spekulasi yang muncul beragam. Mulai ada yang bilang jika Soon Hak pergi karena menumpuknya lini tengah Persija dan bahkan ada yang bilang, jika Soon Hak pergi karena aturan regulasi yang baru ini ditetapkan oleh PSSI, regulasi yang mematikan karir seorang pesepak bola.

Lantas yang jadi pertanyaan, benarkah Soon Hak hengkang dari Persija karena aturan regulasi PSSI yang hanya boleh menetapkan dua pemain berumur 35 keatas dalam satu tim? Pembahasan yang menarik untuk dibahas. Sebelum saya membuat tulisan ini, saya pribadi melihat akun-akun pendukung Persija, kebanyakan diantara mereka menyalahkan regulasi baru PSSI tentang pembatasan usia yang hanya boleh dua pemain dalam satu tim. Sekali lagi pada bahasan artikel ini, khusus karena kepergian Soon Hak yang dinilai merugikan Persija, dan Soon Hak dianggap pemain yang sangat mencintai Persija dan suporternya The Jakmania, yang harus tersingkir karena aturan regulasi umur.

Sebelumnya, mari kita kembali baca aturan regulasi usia PSSI tentang pembatasan usia dalam satu tim yang hanya memperbolehkan meng-kontrak dua pemain berusia 35 tahun keatas. PSSI sendiri telah meng-klarifikasi kebijakannya tersebut, bahwa regulasi pembatasan usia itu hanya berlaku untuk pemain lokal bukan pemain asing, seperti apa yang diungkapkan oleh Sekjen PSSI, Ade Wellington. “Kalau untuk pemain asing dan marquee player tidak”. Dengan kata lain, satu tim boleh dengan bebas mempunyai pemain asing yang usianya 35 tahun keatas.

Jadi, Soon Hak pergi bukan karena regulasi pembatasan umur PSSI dong? Tepat. Gamblangnya, regulasi usia tak berlaku untuk pemain asing seperti Soon Hak. Jika kita telah selesai melihat pokok inti dari regulasi pembatasan umur PSSI yang tertera memang lagi-lagi bukan kendala bagi pemain asing, jadi apa yang membuat Soon Hak dilepas Persija? Saya pribadi lebih berpendapat, bahwa Soon Hak pergi karena memang sengaja dilepas oleh Persija. Mengapa? Menumpuknya lini tengah, adalah alasan kuat saya sebagai penyebab Soon Hak hengkang dari Persija.

Kita semua tau, pos gelandang Persija Jakarta telah banyak diisi khususnya untuk posisi yang ditempati Soon Hak antara lain center miedfielder dan defensive miedfielder. Total, pemain yang berposisi di tengah ada sekitar 6 pemain diposisi tengah tersebut. Mulai dari Amarzukih, Sutanto Tan, Ramdani Lestaluhu, Irfandy Zein, Hargianto, hingga Sandi Dharma Sute. Persaingan posisi, menyebabkan Soon Hak dikorbankan Persija untuk dilepas. Belum lagi adanya Rohit Chand yang sedang menjalani masa trial yang posisinya juga sama sebagai gelandang bertahan, sehingga menjadi kompetitor kuat bagi keberadaan Soon Hak.

Beberapa laga uji coba yang sempat Persija kemarin lakukan, nama Soon Hak juga tak menjadi pilihan utama di awalan line-up Persija Jakarta. Melawan Persita, Persikad, Cilegon United di tiga pertandingan ujicoba terakhir. Dua dari pertigaan itu, hanya satu yang dimainkan Soon Hak, hanya menjadi penghias bangku cadangkan dan dimainkan sebagai pemain pengganti, itupun. Menit yang diberikan sang pelatih Teco tidak begitu banyak untuk Soon Hak.

Secara garis besar dan kesimpulan. Hong Soon Hak pergi memang bukan karena adanya regulasi PSSI yang mengikat tentang pembatasan usia karena pemain asing dibebaskan secara umur dalam suatu tim. Tapi, Soon Hak memang dilepas oleh Persija itu sendiri, karena mungkin secara kebutuhan taktik di gelandang bertahan atau gelandan tengah khususnya bagi si pelatih, Teco.

Tulisan ini ingin meluruskan pendapat para suporter Persija yang mengatakan jika Soon Hak terlempar dari Persija karena aturan regulasi pembatasan umur yang sebenarnya itu tidak benar. Tidak termakan kabar sesuatu yang sebenarnya jawaban itu ada tapi tak di telaah terlebih dahulu sebagai bentuk pembenaran untuk pemecahan suatu topik masalah. Semoga tulisan ini bisa menjadi pencerahan untuk kita semua dan terima kasih untuk satu tahun ini, hyung Soon Hak!

Print Friendly, PDF & Email
Share post :
26 views

3 Responses

  1. Alvian

    Bos, marquee player itu ada syaratnya. Soon hal ga masuk dalam persyaratan itu. Coba diliat lagi regulasi pssi.. marquee player itu wajib pernah bermain di piala dunia 3 periode terakhir dan atau pemain yang bermain di eropa. Bukan bebas umur berapa aja.

    1. Kriswanto

      Bos, coba dibaca lagi. Emang siapa yang bilang kalo Soon Hak itu dalam kategori pemain berstatus Marquee Player? Ditulisan itu tertera jelas, utama paragraf ketiga. Disitu ada Sekjen PSSI yang menyebut bahwa ‘pemain asing’ atawa ‘marquee player’ tidak terkena peraturan PSSI soal pembatasan usia.

      Emang yang bilang Soon Hak itu Marquee Player siapa dan dimana letak tulisan saya menyebut Soon Hak itu Marquee Player? Terima kasih bos.

  2. Muhamad Aufi Rahman

    Baru sempet baca artikel ini, sekarang jadi tahu alasan yg asli kenapa Soon Hak hengkang dari Persija …

Leave a Reply